Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Lengkap Untuk Pemula

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Lengkap Untuk Pemula

Anda dapat membuat akun gratis sekarang.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom – Sebelum pandemi, banyak perusahaan sudah menggunakan aplikasi konferensi video Zoom untuk pertemuan bisnis, wawancara, dan keperluan lainnya. Saat ini, banyak individu yang menghadapi hari-hari panjang tanpa kontak dengan teman dan keluarga telah pindah ke Zoom untuk pertemuan tatap muka dan kelompok.

Ini adalah panduan cepat bagi mereka yang belum mencoba Zoom atau yang belum terbiasa dengan fitur-fiturnya (atau yang telah menggunakannya dengan teman tetapi ingin memulai rapat mereka sendiri). Ini menampilkan tip tentang cara mulai menggunakan versi gratis. Satu hal yang perlu diingat: meskipun panggilan video satu-ke-satu dapat berjalan selama yang Anda inginkan, panggilan grup apa pun di Zoom dibatasi hingga 40 menit. Jika Anda ingin berbicara lebih lama tanpa gangguan (dan menginginkan beberapa fitur tambahan), Anda dapat membayar paket Pro Zoom ($ 14,99 sebulan); Anda juga dapat mencoba aplikasi konferensi video alternatif .

Cara mendaftar Zoom

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom – Hal pertama yang harus dilakukan, tentu saja, adalah mendaftar ke layanan tersebut. Anda dapat melakukan ini baik dari laptop atau dari ponsel Anda. Kami akan membahas layanan web terlebih dahulu.

  1. Buka halaman pendaftaran Zoom . Anda mungkin diminta untuk memasukkan tanggal lahir Anda terlebih dahulu. Itu karena jika Anda lebih muda dari 16, Anda tidak memenuhi syarat untuk membuat akun Zoom kecuali untuk sekolah.
  2. Anda selanjutnya akan diberikan beberapa opsi untuk membuat akun. Di bagian atas, Anda dapat memasukkan email Anda di kotak berlabel “Alamat email kantor Anda”. Jika Anda melakukan ini, lanjutkan ke langkah kedua. Meskipun Zoom meminta email kantor, email pribadi seharusnya berfungsi dengan baik. Pada bulan Maret, dilaporkan bahwa Zoom membocorkan beberapa alamat email dan foto pengguna melalui fitur Direktori Kontak Zoom karena aplikasi tersebut dapat mengira orang dengan domain email tertentu bekerja untuk perusahaan yang sama, tetapi Zoom menghapus fitur pencocokan domain tersebut pada bulan April .
  3. Anda juga dapat membuat akun dengan mengklik tombol “Masuk dengan SSO”, “Masuk dengan Google”, atau “Masuk dengan Facebook”, setelah itu Anda cukup mengunduh aplikasi desktop Zoom dan melanjutkan ke langkah tujuh.
  4. Jika Anda memasukkan email, Zoom akan mengirim email aktivasi ke alamat itu. Klik tombol “Aktifkan Akun” di email atau salin dan tempel URL aktivasi ke browser Anda untuk mengaktifkan akun Anda.
  5. Di halaman yang terbuka di browser web Anda, Anda selanjutnya akan ditanyai apakah Anda mendaftar atas nama sekolah. Dengan asumsi Anda tidak melakukannya, klik tombol “Tidak” lalu klik “Lanjutkan”.
  6. Di halaman berikutnya, isi nama depan dan belakang Anda serta kata sandi
  7. Di halaman berikutnya, Anda dapat mengundang orang lain untuk membuat akun Zoom gratis melalui email. Anda dapat melewati langkah ini jika mau.
  8. Selanjutnya, Anda akan diberikan link ke URL rapat pribadi Anda dan akan memiliki opsi untuk mengklik tombol oranye “Mulai Rapat Sekarang” untuk memulai rapat percobaan. Jika Anda menyalin URL itu ke browser Anda atau mengklik tombol oranye itu, Anda akan diminta untuk mengunduh aplikasi desktop Zoom. Ikuti petunjuk untuk memasang aplikasi.
  9. Setelah Anda menginstal aplikasi Zoom, Anda akan melihat tombol untuk “Bergabung dalam Rapat” atau “Masuk”. Untuk memulai rapat pengujian Anda, klik “Masuk”.
  10. Di layar berikutnya, masukkan email dan kata sandi yang baru saja Anda gunakan untuk mendaftar Zoom di browser Anda. Jika Anda mendaftar menggunakan tombol “Masuk dengan Google” atau “Masuk dengan Facebook”, klik tombol tersebut di sini dan ikuti petunjuknya.
  11. Setelah Anda masuk, pastikan Anda berada di tab “Beranda”, lalu klik tombol oranye “Rapat Baru” di aplikasi Zoom. Pertemuan Anda akan dimulai.

Jika Anda mendaftar ke Zoom menggunakan aplikasi seluler, prosesnya mirip seperti di web. (Kami menguji proses pendaftaran menggunakan aplikasi iOS.)

  1. Unduh aplikasi iOS atau Android . Saat Anda membuka aplikasi untuk pertama kalinya, Anda akan diberikan opsi untuk bergabung dalam rapat, mendaftar ke Zoom, atau masuk ke akun Zoom. Tap “Daftar”.
  2. Anda selanjutnya akan diminta untuk mengkonfirmasi usia Anda.
  3. Setelah Anda selesai melakukannya, di layar berikutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email Anda, dan nama depan dan belakang Anda. Setelah Anda melakukannya, “Daftar” dan Anda akan dikirimi email aktivasi.
  4. Ketuk tombol “Aktifkan Akun” di email yang Anda terima, atau salin dan tempel URL aktivasi ke browser seluler Anda
  5. Dari sana, Anda akan diminta untuk menyelesaikan langkah-langkah yang sama yang diuraikan di atas untuk membuat akun, hanya dari browser seluler Anda
  6. Setelah Anda masuk ke layar yang memiliki URL rapat Zoom pribadi Anda dan tombol oranye “Mulai Rapat Sekarang”, ketuk salah satunya dan Anda akan dibawa langsung ke ruang tunggu untuk rapat uji coba Anda di aplikasi Zoom.
  7. Untuk membuka rapat, ketuk tombol “Masuk” di bagian bawah layar. Pada layar berikutnya, masukkan informasi login Anda dan ketuk tombol “Masuk”.
  8. Rapat pengujian Anda akan terbuka di aplikasi

Mulailah rapat sekarang

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom – Setelah Anda terdaftar dengan Zoom dan menginstal aplikasinya, mudah untuk memulai rapat.

Menggunakan aplikasi web:

  • Buka aplikasinya
  • Klik pada tombol oranye “Rapat baru” jika Anda ingin segera memulai rapat. Jendela video akan terbuka, dan jendela pop-up akan menanyakan apakah Anda ingin bergabung dengan rapat menggunakan audio komputer Anda dan apakah Anda ingin menguji speaker dan mikrofon. (Jika Anda tidak ingin repot dengan pertanyaan itu lagi, centang kotak di bagian bawah pop-up.)
Klik pada tombol oranye untuk memulai pertemuan baru
  • Untuk mengundang orang ke rapat, temukan bilah alat yang muncul saat Anda menggerakkan mouse di jendela rapat dan klik panah kecil di tombol “Peserta”. Ketika Anda melakukannya, Zoom akan membuka jendela di mana Anda dapat mengundang kontak Zoom Anda, mengirim email dengan informasi tentang cara mengakses rapat Zoom Anda, menyalin URL rapat Anda ke clipboard, atau menyalin pesan yang lebih panjang dengan URL rapat dan dial- dalam informasi ke clipboard Anda. Anda juga dapat menemukan kata sandi rapat Anda di menu ini. Saat Anda siap, klik tombol “Undang”.

Menggunakan aplikasi seluler

  • Di aplikasi, ketuk “Rapat Baru”
  • Pilih apakah Anda ingin memulainya dengan video aktif dan apakah Anda ingin menggunakan ID rapat pribadi Anda (tidak disarankan; lihat di atas). Lalu tap “Mulai Rapat”.
  • Untuk mengundang orang ke rapat, ketuk “Peserta” di baris bawah ikon lalu ketuk tombol “Undang” di bagian bawah layar berikutnya. Jika Anda melakukannya, Anda akan dapat mengirim undangan pesan melalui berbagai layanan seperti Messenger, Messages, atau Gmail; mengundang kontak Zoom Anda, atau salin tautan undangan ke papan klip ponsel Anda.

Jadwalkan pertemuan

Menggunakan aplikasi web

  • Klik “Jadwalkan”
  • Jendela pop-up akan memberi Anda berbagai pilihan, termasuk topik rapat, waktu, apakah Anda akan menggunakan “ruang tunggu” (dengan kata lain, apakah setiap peserta harus meminta izin untuk mengikuti rapat), dan apakah ini adalah pertemuan berulang
  • Jika Anda mengklik “Opsi lanjutan”, Anda dapat memutuskan apakah peserta dapat bergabung sebelum penyelenggara tiba di sana, apakah peserta harus dibungkam saat masuk, dan apakah Anda ingin merekam sesi secara otomatis
Saat Anda menjadwalkan rapat, Anda mendapatkan berbagai opsi untuk keamanan dan pemberitahuan.

Catatan: Anda bisa memilih apakah ingin membuat ID rapat unik secara otomatis atau menggunakan ID rapat pribadi Anda (yang tidak berubah). Kami sangat menyarankan Anda melakukan yang pertama; dengan menggunakan ID unik, Anda memperkecil kemungkinan Anda mengalami “Zoombombing”, yaitu saat troll mengambil alih rapat Zoom Anda.

Rapat yang dijadwalkan akan terlihat di jendela Zoom awal, di mana Anda dapat memulai atau menghapusnya.

Menggunakan aplikasi seluler

  • Klik “Jadwalkan”
  • Tetapkan tanggal, waktu, dan zona waktu untuk rapat, dan apakah rapat harus diulang. Pilih apakah Anda ingin menggunakan ID rapat pribadi Anda; jika tidak, ID unik akan dibuat (kami sarankan Anda menggunakan yang terakhir; lihat di atas).
  • Pilih berbagai opsi keamanan, seperti kode sandi dan ruang tunggu
  • Di bawah “Opsi lanjutan” Anda dapat memilih opsi seperti mengizinkan peserta untuk bergabung sebelum penyelenggara, atau merekam rapat secara otomatis. Anda juga dapat menambahkannya ke kalender.
  • Ketuk “Selesai” (Android) atau “Simpan” (iOS) di sudut kanan atas.

Undang orang ke pertemuan Anda

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom – Anda dapat mengundang orang ke rapat Zoom dengan beberapa cara berbeda. Jika Anda menggunakan desktop atau aplikasi seluler, klik atau ketuk pada tab Rapat. Dari sana:

  • Di halaman depan aplikasi desktop, Anda akan melihat rapat terjadwal Anda di sisi kanan. Klik tiga titik di sebelah kanan judul rapat, lalu pilih “Salin Undangan” untuk menyalin URL rapat Zoom, ID, dan informasi dial-in telepon ke clipboard Anda. Anda kemudian dapat memasukkannya ke dalam email atau pesan teks. Anda juga dapat mengklik tab Rapat dan mengklik tombol “Salin Undangan” di layar.
Tombol “Rapat” memungkinkan Anda mengirim undangan
  • Di aplikasi seluler, ketuk aplikasi “Rapat” di bagian bawah layar. Saat Anda mengetuk tombol “Kirim Undangan”, Anda akan dapat mengirim undangan pesan melalui berbagai layanan seperti Messenger, Messages, atau Gmail; mengundang kontak Zoom Anda, atau salin tautan undangan ke papan klip ponsel Anda.

Setelah Anda bangun dan menjalankan Zoom, pastikan untuk mengunjungi artikel kami yang lainnya disini.

Sumber: The Verge